Power Basic solusi pengganti VisualBasic, plus ASM

Pernah dengar Visual Basic? H’m tentunya bagi anda seorang programmer tidak perlu ditanyakan lagi apa itu Visual Basic? Lalu selangkah lebih maju anda akan mencari plugin untuk menuliskan bahasa Assembly dalam script visual basic dengan Thunder VB untuk mencipta program yang lebih power full yang dibuat dengan visual basic.

Sebenarnya, pemakain Thunder VB pada visual basic sangat merepotkan (bagi saya) karena saat compilasi variable dari visual basic tidak dapat diolah secara langsung pada inline ASM dikarenakan compiler antara script VB dan ASM bukan meruapakan satu kesatuan. Bukanya bermaksud promosi, atau membela sebuah produk saya hanya ingin mengenalkan sebuah compiler basic, yang mendukung 2 bahasa sekaligus dalama 1 compiler sehingga kita dapat memaximalkan aplikasi yang kita buat dengan mengoptimalisasi script yang kita buat.

Inilah compiler Basic terbaik (menurut saya), yang disebut dengan Power Basic. Jika anda sudah teracuni dengan bahasa-bahasa mudah dari Visual Basic anda tidak perlu khawatir jika ingin memakai compiler ini, karena bahasa pada Power Basic sangat disesuaikan dengan bahasa Visual Basic serta dengan penambahan berbagai macam fungsi-fungsi canggih yang tidak bisa dilakukan oleh visual basic anatar lain:

  • Menghitung ketukan CPU
  • Akses memory (virtual memory) secara langsung
  • Direct Inline Assembly
  • Dll

Selain itu PowerBasic juga dirancang untuk tidak tergantung pada sebuah Runtime yang biasa ada pada VB (MSVBVM), sehingga aplikasi yang dibuat dengan PowerBasic tidak membutuhkan dll Runtime sama sekali.

Berikut adalah contoh skrip yang bisa kita buat dengan PB, yang mana jika memakai VB kita akan membtuhkan Thunder VB serta lebih repot pengolah variable cross language (Basic-ASM)

TobeEnc$=”abcdefg”

!mov   esi, TobeEnc$

!mov   ecx, [esi-4]

ulang:

!ror Byte Ptr ds:[esi+ecx-1],4

!Loop  ulang

MsgBox  TobeEnc$

Tentunya jika anda memakai VB yang dikombinasikan dengan Thunder VB (MASM), maka variable dari bahasa Basic tidak dapat dioleh secvara langsung seperti diatas. Jika anda berminat untuk mencoba PowerBasic bisa anda dapatkan secara legal di :

https://www.powerbasic.com/shop/

Tentunya harus merogoh goceng, paling enggak yah $200, namun jika anda ingin mencari secara legal ada juga lho di file sharing seperti 4share dan rapidshare.

Berikut ada sedikit tips dari pemakai PowerBasic, bagi anda yang ingin mencoba, atau bahkan migrasi ke pb:

  • Jangan lupa baca file bantuannya terlebih dahulu sebelum memulai belajar pemrograman dengan pb. Semua hal yang bersifat penting dan membantu dalam belajar pb ada di situ.
  • Jangan takut terlebih dahulu dengan beberapa nama fungsi yang mungkin dikatakan ruwet atau membingungkan, karena nggak ada suatu bahasa pemrograman yang dibuat untuk mempersulit kita.
  • Jangan terlalu sering mendahulukan perasaan dalam menuliskan kode, karena bahasa pemrograman, termasuk pb adalah tatanan yang sangat logis.
  • Yang harus ada dalam diri kita dalah rasa ingin tahu “mengapa ini dan itu terjadi” dan “bagaimana sebenarnya yang dilakukan” oleh program kita, dan bahasa pemrogramannya, tidak terkecuali untuk pb.
  • Apabila anda masih baru dalam pemrograman vb6 atau masih mempelajari vb6, bisa dikatakan pb menjadi salah satu alternatif untuk “membangunkan anda dari mimpi anda” setelah sangat dimanjakan dengan vb6. Bukan berarti pb menjadi sesuatu yang negatif lho! Tanpa bermaksud menilai dan memberi kesan buruk pada suatu hal dan menyanjung yang lain, pb mengajarkan kita untuk mengenali sistem lebih dekat. Dengan pb Kita dapat mengakses memory (virtual memory) secara langsung sehingga lebih cepat dan tepat, memanggil suatu fungsi berdasarkan alamat fungsi di memory, belajar fungsi-fungsi API yang benar-benar di-import dari modul atau library milik windows dan eksternal lainnya, menyisipkan kode assembler langsung ke dalam kode pb kita.
  • Tipe-tipe variable yang disediakan oleh pb merupakan tipe variabel standar yang lebih variatif, sehingga dapat digunakan untuk keperluan yang lebih luas dan beragam. Klasifikasinya sebagian mengadopsi beberapa compiler terkenal yaitu vb, c++, dan Delphi, seperti variabel dengan tipe byte,integer,word,long,dword,quad, dan lain sebagainya. Khusus untuk tipe variabel string pada vb adalah dengan format ansi dan kita tetap bisa menuliskan karakter Unicode di dalamnya, bahkan data sekalipun, tidak seperti vb6 string yang berformat unicode di memory tapi ditranslasikan menjadi ansi yang dapat membuat ruwet (kacau) untuk lebih banyak kasus.
  • Mungkin ada sedikit yang kebingungan saat membuat desain form dengan menggunakan pb, walau pb sendiri juga me-release program sendiri (terpisah) untuk mendesain form dan control atau komponen visual di dalamnya, banyak referensi di internet yang membantu mendesain form dengan pb. Apalagi bila anda mau mempelajari atau telah memahami pembuatan form dengan menggunakan standar API yang disediakan oleh windows, akan menjadi pengalaman yg berguna untuk selanjutnya, karena anda tidak lagi bergantung pada program-program desain form lainnya.
  • Compiler pb dirancang benar-benar untuk membuat program (standard-exe dan standard-dll) yang dapat dikatakan relatif stabil, tanpa file runtime lagi, jadi bebas saja digunakan di versi windows apapun tanpa bergantung pada file runtime (pada vb6 harus menggunakan file runtime “msvbvm60.dll”, dan kode yang dihasilkan oleh vb6 lebih mirip interpretasi/pseudo untuk beberapa kasus). pb juga mengkompilasi kode dengan memperhitungkan beberapa faktor terkait kecepatan eksekusi kode dan ukuran program. Menjadi hal yang saya dan mungkin bagi anda juga untuk dipertimbangkan.
  • Membuat program dengan pb maupun bahasa pemrograman lain, usahakan yang berguna bagi kita dan orang lain. Jangan terlalu sering disalahgunakan. Belajar membuat virus misalnya, sebenarnya adalah sesuatu yang bagus, bila ditujukan untuk diri kita sendiri. Kita dapat mengenal system operasi lebih dekat, bagaimana sebuah os bekerja, bagaimana “cara berpikir” processor, sehingga kita dapat berinteraksi lebih dekat kepadanya, mempelajari jaringan, dan sebagainya. Tapi apabila pembuatan virus tersebut hanya melulu untuk mengerjain orang lain, menunjukkan bahwa kita sudah hebat dan merasa sudah tidak ada lagi yang lebih baik dari kita, mohon dengan bijaksana hentikan ego dan pemikiran buruk seperti itu. Di atas langit masih ada langit.

Apakah anda berminat?

http://codenesia.com

About revil

i'm just a stupid who wanted to be better..

Posted on March 18, 2010, in Programming, Software and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: