Menangani Harddisk Bad Sector Dengan Low Level Format

Harddisk memang sangat penting sekali dalam perangkat komputer kita, karena data-data penting kita bersemayam disana. Sungguh sangat ironis sekali jika kita harus dipusingkan oleh bad sector yang biasanya selalu menghantui harddisk kita.

Penulis sering mengalami masalah ini, maka dari itu penulis mencoba mencari penyelesaiannya, salah satunya dengan low level format.
Untuk mengetahui apakah komputer kita mengalami bad sector apa tidak ada banyak cara tergantung OS yang kita gunakan.

  1. Os Win98
  • a.Klik Start run ( Winkey+R)
  • b.Ketik ‘scandisk c: /surface’ (tanpa tanda kutip)
  • Kemudian akan muncul tampilan layar scandisk
  • Anda bisa lihat apakah harddisk anda mengalami bad sector apa tidak
  1. OS winXP or win2003
  • Klik start run (Winkey+R)
  • Ketik chkdsk /f /v /r /x c:
  • Biasanya komputer akan minta restart (tekan y kemudian enter) untuk merestart komputer
  • Setelah itu maka akan muncul proses scan pada harddisk anda. Silahkan dilihat apakah harddisk anda mengalami badsector atau tidak (biasanya kalau prosesnya lama atau berhenti ditengah proses komputer anda sudah mengalami bad sector.

Jika anda yakin komputer anda terkena badsector maka anda bisa menjalankan low level format.

Berikut langkah-langkah menjalankan low level format:

Persiapan:

  1. satu buah hardisk yang akan di low format.
  2. disket
  3. secangkir kopi (biar tidak ngantuk)

Pelaksanaan:

  1. Backup semua data yang ada di harddisk yang akan di low level format agar data anda tidak hilang.
  2. Download software untuk low level format sesuai dengan merk harddisk yang anda punya (setiap vendor berbeda). Berikut ini saya sediakan link untuk download beberapa software low level format:
    1. Sutil untuk harddisk merk Samsung klik disini
    2. Seatool untuk harddisk merk Seagate klik disini
    3. Maxblast untuk harddisk merk Maxtor klik disini
    4. Data lifeguard untuk harddisk Western Digital klik disini
  3. Setelah anda download salah satu software diatas sesuai dengan merk harddisk anda maka langkah selanjutnya adalah install software Low level format diatas kedalam sebuah disket
  4. Setelah selesai, Restart komputer anda kemudian booting melalui disket
  5. Kemudian anda bisa menjalankan low level format sekarang, ikuti saja langkah-langkahnya.
  6. Low level format yang anda jalankan sudah selesai.

Nah, sekarang Harddisk yang anda punya sudah seperti baru lagi. Anda sudah bisa menginstall OS yang anda suka atau kalau nggak mau susah (ghost aja dengan harddisk lain).

About revil

i'm just a stupid who wanted to be better..

Posted on April 10, 2010, in Tutorial and tagged . Bookmark the permalink. 20 Comments.

  1. Apa yang dimaksud low level format?

    • itu buat fix bad sector di hdd, jadi klo hdd ga mau boot ato ada peringatan “I/O Device Error” kaya di kompi saya, bisa pake low level format hdd nya, cz klo pake format biasa ga bisa

  2. iy neh, hdd tmen mw format ulang lwat live CD “jendela” ma “ubuntu” ga mw,,, so, tes2 LLFnya coz 250GB synk klo d jadiin pajangan… :):):)

  3. laptop saya malah uda berkali-kali di format dan instal…..salah satu penyebabnya adalah bad sactor…yg mw sy tanyakan….APAKAH low level format bs benar2 menyelesaikan masalah yg saya alami???….hdd saya menggunakan merk hitachi……dmn kah saya bs mencari low level format sesuai hdd hitachi??….tolong bantu linknya gan?!…

  4. Makan waktu brp lama proses low level format utk HDD 250 GB 7200 rpm ??
    terima kasih utk tips & jawabannya

  5. kalo komputer suka nongolin aplikasi sendiri , kaya winamp dkk padahal udah saya instal ulang berkali-kali itu kenapa ya?, kalo di low format kira” bisa sembuh gak ya bro?

    • hm,mungkin ada virus di komputer mas bro, jadi virus itu jalanin aplikasi-aplikasi laen pada interval waktu tertentu supaya memory sibuk, jadi hang, atau untuk mengelabui user selagi virus tersebut merusak system.
      coba mas cek dulu pake antivirus yang ampuh
      saya rekomendasikan pake Microsoft Security Essentials
      kalo kondisinya masih bikin pegel, yaudah format ulang aja, tapi ga perlu di low level format, soalnya ga ada masalah sama harddisk,
      low level disk format itu berguna kalo harddisk nya bad sector atau bermasalah gitu,
      jadi ya silahkan kalo mao format ulang, pake metode format yang biasa aja.

      semoga bermanfaat n semoga berhasil😀

  6. matursuwun yaaa buat infox
    smoga dapat mmbantu masalah yg q hadapi
    cz HD kompi Hitachi 250 GB lg terkena bad sector,,, ampe saat ni lum teratasi,,
    uda nyoba dengan GParted, Parted Magic, Hardisk Low Level Format, dll pokoknya tp lum juga sembuh,,,
    smoga rtikel yang Anda posting dpat mmbantu masalah saya,,,

    maksih yaa Oomm

  7. saya menggunakan hdd low level format ini,,seminggu kemudian keponakan saya tidak sengaja menghapus driver low formatnya,, komputer jd error ga bisa boot,, ada pesan ” reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device and press a key ”
    boot lewat f11 jg ga ada pilihan safe modenya, hanya ada pilahn ;
    please select boot device:
    1st FLOPPY DRIVE
    ST3250318AS
    kedua2nya tidak ada yg bisa..
    mohon bantuannya cara mengatasi hal tersebut,, TQ🙂

  8. salam kenal Gan… manu nanya ne..
    laptop saya tiap kali start keluar tulisa “reboot and select proper boot device” dan saya wajib memasukkan dvd windows agar laptop saya bisa menjalankan windowsnya lagi…
    gimana cara mengatasi ini Gan Revil… mohon pencerahannya.. matur 3Q….

  9. An unexcepted I/O error has Occured bisa di atasi dengan low level format gag

    • ga semua error itu harus diatasi dengan low level format, cz kalo udah low level format, data yang ilang itu permanen walau udah pake recovey tool juga ga akan balik lagi, jadi kalo mau cek dulu aja kabelnya atua peripheral lain di komputernya

  10. “Setelah anda download salah satu software diatas sesuai dengan merk harddisk anda maka langkah selanjutnya adalah install software Low level format diatas kedalam sebuah disket
    Setelah selesai, Restart komputer anda kemudian booting melalui disket
    Kemudian anda bisa menjalankan low level format sekarang, ikuti saja langkah-langkahnya.”
    Apa cara tersebut harus melalui disket aja??? Lewat FD apa tidak bisa???? Mohon infonya. Thanks.

  11. Reblogged this on revil Laboratory and commented:

    Learn to Earn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: