Teknologi Light Peak, Siap Gantikan Port USB 3.0

foto berita artikel

Intel melihat perangkat barunya yang bernama teknologi Light Peak, yang digunakan untk menghubungkan banyak device dengan kabel optic. Teknologi ini menurut Intel berpotensi menjadi pengganti USB 3.0, yang berarti akan menghilangkan kebutuhan akan penggunaan port yang biasa ada di banyak gadget sekarang ini. Teknologi Light Peak ini sudah diumumkan Intel sejak tahun lalu, dan menurut senior Intel, Kevin Kahn dalam IDF di Beijing, Intel akan memproduksi teknologi ini di akhir tahun 2010 dan berharap banyak partner yang dapat membantu penjualannya.

Namun, kecenderungan trend kabel optic ini yang tanpa listrik ini dapat memberikan manfaat bahwa kabel optic yang terpisah juga support untuk berbagai protocol, diantaranya untuk USB dan Serial ATA, ungkap Justin Rattner, kepala Intel Labs. Light Peak dapat menjalankan multi protocol di waktu yang sama dan lebih dari satu line, sehingga semua data untuk kabel yang terpisah dapat berjalan di satu kabel Light Peak. Intel menjelaskan, tidak ada konflik antara kedua teknologi, yakni Light Peak dan USB. Intel melihat Light Peak merupakan pelengkap dari USB 3.0, karena Light Peak membuat USB dan protocol lain dapat berjalan bersama di satu kabel yang panjang dan berkecepatan tinggi di masa mendatang, tambah Kahn.

Menurut Kahn, Light Peak dapat mentransfer data dengan kecepatan 10Gbps atau cukup cepat untuk mengirim film Blu-ray dalam waktu setengah menit. Light Peak dapat ditancapkan di laptop melalui sebuah port USB 3.0 dengan komponen tambahan untuk menerima sinyal optic. Menurut Kahn, USB 3.0 menjadi tempat yang pas untuk Light Peak karena tidak memerlukan lagi port Light Peak, terutama untuk penggunaan di computer portable. Sementara USB 3.0, versi baru dari USB masih lebih lambat ketimbang Light Peak dengan rate sinyal 5Gbps, tapi lebih cepat dibanding versi USB sebelumnya.

http://www.beritanet.com

About revil

i'm just a stupid who wanted to be better..

Posted on April 19, 2010, in Hardware and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: